alexametrics
26 C
Medan
Monday, June 27, 2022

CATEGORY

Feature

Sampah Ditimbang & Dicatat, jadi Duit Jelang Hari Raya

Dulu, sampah itu pastinya segala yang dibuang dan keberadaannya kerap mencemari lingkungan. Kini, sampah-sampah itu malah dikumpulkan, dipilah untuk didaur ulang. Hasilnya, ada cuan yang dapat dimanfaatkan untuk menambah penghasilan masyarakat.

Dipantau Pakai GPS Collar Sekitar 2 Tahun

Surya Manggala dan Citra Kartini sudah berhasil dilepasliarkan ke tengah hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Meski sepasang harimau Sumatra itu telah dilepasliarkan, pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) masih tetap memantau pergerakan keduanya. Caranya, dengan memasang Global Positioning System (GPS) Collar di leher mereka, dengan baterai yang bisa bertahan maksimal 2 tahun.

Pilot Helikopter: Menyenangkan jadi Bagian Tim

Akses ke zona inti Taman Nasional Kerinci Seblat, Jambi, sulit dan tak mungkin ditempuh dengan kendaraan roda empat. PT Agincourt Resources – pengelola Tambang Emas Martabe – menyediakan helikopter berikut pilot untuk mengangkut dua ekor Harimau Sumatera ke titik pelepasliaran. 

Mengintip Fasilitas Kamar Hotel Jamaah Haji di Makkah

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi terus meningkatkan layanan terbaik bagi jamaah haji. Salah satu yang menjadi perhatian yaitu hotel tempat jamaah selama berada di Makkah.

Syarat Rumah Baru: Banyak Calon Mangsa!

Menuju lokasi baru yang dinilai lebih cocok sebagai ‘rumahnya’, Surya Manggala dan Citra Kartini (±3,5) diboyong melalui perjalanan darat. Dari Barumun di Sumatra Utara hingga Sungai Penuh-Jambi, jarak yang mesti ditempuh ± 636 kilometer. Waktu tempuhnya lebih kurang 24 jam. Kedua Harimau Sumatra ini dibius saat pemindahan ke kandang angkut. Selebihnya, mereka sadar selama perjalanan.

Hidup di Kandang, Diajari ‘Berburu’ Mangsa Hidup

Lahir 3,5 tahun lalu dan tumbuh besar di Sanctuary (Suaka Satwa) Harimau Barumun, sepasang harimau Sumatra bernama Surya Manggala dan Citra Kartini akhirnya mendapat rumah baru. Luas dan alami. Hutan Jambi – persisnya Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) – menjadi pilihan terbaik bagi kedua ekor kucing raksasa, yang lahir dari sepasang harimau liar korban konflik di kawasan hutan Sumatra Utara.

Pria Indigo Ini Mampu Melukis Makhluk-Makhluk dari ‘Dunia Lain’

Berdasar pesanan di Instagram, Thomas Kurniawan sudah menggambar tidak kurang dari 500-an makhluk astral dengan pengalaman kontak yang beragam. Mulai yang adem membikin tersenyum sampai yang bikin merinding, pusing, dan mual pria indigo tersebut.

Ribuan Naskah Batak Berbentuk Laklak Tersimpan di Luar Negeri

Saat ini, ada ribuan naskah kitab Batak yang ditulis dengan aksara batak tersimpan di luar negeri. Umumnya naskah tersebut adalah hasil rampasan ataupun naskah yang dibawak penjajah untuk diteliti. Umumnya naskah-naskah tersebut tersimpan di Belanda dan Jerman.

Kampung Pertama Lomba Baca Alquran di Indonesia Ada di Sini

Sebuah perkampungan di Kabupaten Asahan, yakni Desa Pondok Bungur diyakini sebagai lokasi pertama digelarnya lomba membaca Alquran di Indonesia bahkan di dunia, yakni pada tanggal 12 Februari 1946 atau bertepatan dengan tanggal 11 Rabiul Awal 1365 Hijriah.

Masyarakat Batu Bara Pesta Tapai Sambut Puasa

Menjelang bulan Ramadhan, di beberapa wilayah di Indonesia biasanya banyak adat kebiasaan secara tradisi turun temurun dilakukan masyarakat bersuka cita menyambut puasa. Salah satu tradisi unik itu, ada di Kabupaten Batu Bara, tepatnya di Desa Dahari Selebar Kecamatan Talawi.

Berita Terbaru

/